Rabu, 28 Oktober 2015

Apa hubungan antara Gajah Mada dan Satelit Palapa? 

Gajah Mada  seorang tokoh utama Majapahit, nama Gajah Mada juga sangat terkenal di masyarakat Indonesia. Para pemimpin pada awal kemerdekaan Indonesia seperti Sukarno dan Mohammad Yamin  menyebutkan bahwa sumpah Gajah Mada adalah "bukti" bahwa bangsa ini dapat bersatu, meskipun memiliki wilayah yang luas dan budaya yang berbeda-beda. 

Nama Gajah Mada juga digunakan sebagai salah satu nama universitas yang berada di Yogyakarta yaitu Universitas Gajah Mada .  Banyak kota di Indonesia memiliki jalan yang bernama Gajah Mada,  tidak demikian halnya dengan kota-kota di Jawa Barat.

  Sedangkan satelit telekomunikasi Indonesia yang pertama dinamakan Satelit Palapa. Nama "Palapa" sendiri diambil dari "Sumpah Palapa" yang dicetuskan oleh Gajah Mada . Yang menonjolkan perannya adalah sebagai pemersatu telekomunikasi rakyat Indonesia.

Palapa dibangun pada tahun 1974-1976. Pada tanggal 9 Juli 1976 diluncurkan satelit palapa generasi pertama milik Indonesia di Cape Kennedy, Florida, amerika Serikat.

Kesimpulannya adalah nama Palapa yang digunakan sebagai nama satelit Indonesia diambil dari nama sumpah yang dicetuskan oleh Gajah Mada yaitu "Sumpah Palapa". Yang memiliki maksud untul mempersatukan Indonesia melalui satelit telekomunikasi ini. Oleh karena itu , nama satelit tersebut diberi nama "Satelit Palapa ".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar